Pengertian
Saluran Distribusi
Untuk
perusahaan jasa Adrian Payne memberikan pengertian dan gambaran mengenai
saluran distribusi dalam bukunya The Essence of Service Marketing (2001: 183)
saluran distribusi merupakan jenis keputusan yang berhubungan dengan siapa yang
berpartisipasi dalam penyampaian jasa, yaitu organisasi dan orang-orang.
Definisi
saluran pemasaran menurut Philip Kotler dalam bukunya Manajemen Pemasaran, Edisi
Millenium (2002: 558), saluran pemasaran adalah serangkaian organisasi yang
saling tergantung yang terlibat dalam proses untuk menjadikan produk atau jasa
siap untuk digunakan atau dikonsumsi.
Saluran distribusi pada intinya adalah bagaimana perusahaan dalam
hal ini produsen dari produk atau jasa yang dihasilkan, menyampaikan produk
tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan, keingginan dan permintaan konsumen
untuk dapat dikonsumsi dan digunakan.
Kegunaan
Lokasi dan Saluran Distribusi
Bauran
pemasaran selain produk adalah place, place adalah:
1. Lokasi
Lokasi
dekakt dan jauh mempengaruhi biaya produksi
2. Saluran
Distribusi
Suatu
gabungan penjualan dan pembelian yang bekerja sama memproses, menggerakkan
produk dan jasa dari produsen ke konsumen.
Fungsi
Saluran Distribusi
Adapun menurut Philip Kotler dalma bukunya Manajemen Pemasaran,
Edisi Mellenium (2002: 559) anggota saluran pemasaran melaksanakan sejumlah
fungsi utama:
1. Mengumpulkan
informasi mengenai pelanggan, pesaing, serta pelaku dan kekuatan lain yang ada
saat ini maupun potensial dalam lingkungan pemasaran
2. Mengembangkan
dan menyebarkan komunikasi persuasive untuk merangsang pembelian
3. Mencapai
persetujuan akhir mrngenai harga dan syarat lain
4. Memperoleh
dana yang lebih besar
5. Menanggung
resiko yang berhubungan dengan pelaksanan fungsi saluran pemasaran tersebut
6. Mengatasi
transfer kepemilikan actual dari suatu organisasi atau orang kepada organisasi
atau orang kepada organisasi atau orang yang lain.
Bentuk-Bentuk
Saluran Distribusi
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Manajemen Pemasaran,
Edisi Mellenium (2002: 561) menyatakan bahwa bentuk-bentuk saluran dilihat dari
banyaknya tahap perantara akan menentukan ukuran penjangnya suatu saluran,
yaitu:
7. Saluran
level nol (disebut juga saluran pemasaran-langsung) terdiri dari perusahaan
yang langsung menjual kepada pelanggan akhir
8. Saluran
satu-level berisi satu perantara penjual, seperti pengecer atau dengan
menggunakan distributor
9. Saluran
dua-level berisi dua perantara, misalnya pengecer dan pedagang besar, atau
perusahaan yang menggunakan perwakilan untuk perusahaannya
10. Saluran
tiga-level berisi tiga perantara, misalnya pemborong, pedagang besar dan
pengecer atau perusahaan yang menggunakan cabang perwakilan dan distributor.
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran Distribusi
Penjelasan mengenai fakto-faktor yang mempengaruhi
pemilihan saluran distribusi dijelaskan oleh William J. Stanton dalam bukunya
Prinsip Pemasaran (1997: 83-86) terdiri dari:
1. Pertimbangan-pertimbangan
pasar
2. Perimbangan-pertimbangan
produk atau jasa
3. Pertimbangan-pertimbangan
perantara
4. Pertimbangan-pertimbangan
perusahaan
Peranan
Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan
Saluran distribusi dirancang dan dikelola oleh perusahaan untuk
melaksanakan strategi pemasaran dan mencapi target penjualan yang diinginkan
oleh perusahaan. Dalam hal ini diharapkan agar penjualan produk barang atau
jasa yang dihasilkan perusahaan dapt dijual lebih banyak sehingga laba
perusahaan meningkat.
Saluran distribusi mempunyai peranan yang besar dalam
meningkatkan penjualan, karena penjualan dalam jumlah yang besar akan
meningkatkan volume penjualan yang menjadi dasar perhitungan laba yang diterima
oleh perusahaan. Menurut William J. Santos dalam bukunya Prinsip Pemasaran
(1999: 104-106) menguraikan saluran distribusi:
1. Meningkatkan
pelayanan pelanggan
2. Menurunkan
biaya distribusi
3. Menimbulkan
pertambahan volume penjualan
4. Menciptakan
manfaat waktu dan tempat
5. Menstabilkan
harga
Sedangkan menurut Djaslim Saladin dalam bukunya
Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran (1999: 127) menjelaskan peranan
perantara seabagai saluran distribusi bagi perusahaan. Saluran distribusi
mempunyai peran dalm memberikan keuntungan bagi produsen, dari sudut ekonomi,
peranan dasar perantara pemasaran adalah mengubah bentuk suplai yang heterogenn
menjadi berbagai barang dan jasa yang diinginkan oleh masyarakat.
Dari berbagai pendapat diatas, dapat disimpulkan saluran
distribusi mempunyai peranan yang besar dalm meningkatkan volume penjualan,
dimulai dari efisiensi biaya yang dikeluarkan perusahaan hingga target
perusahaan dalam meraih konsumen potensial untuk meningkatkan penjualan.
Peranan mendasar dari sluran distribusi yang digunakan perusahaan adalh menjual
produk atasu jasa yang dihasilkan perusahaan dalam jumlah yang lebih besar
sehingga volume penjualan produk yang ditawarkan perusahaan meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar